Persistent



Persistent: continuing firmly or obstinately in a course of action in spite of difficulty or opposition; continuing to exist or endure over a prolonged period.

Sungguh mengagumkan orang-orang yang persisten, yang sangat memegang teguh pendiriannya.  Apapun itu.

Kakak saya terkenal sangat persisten, dan dari dia lah saya mulai memperhatikan kata-kata persisten itu.  Dia mengklaim bahwa dirinya sangat persisten dalam menjalankan tugasnya.  Dan persistensi nya ini membawa hasil, dia berhasil jadi guru besar di universitas tempatnya membaktikan diri.

Teman saya bercerita, tantenya, yang kebetulan juga teman saya, sungguh persisten dalam memilih tempat duduk di dalam mobil pada saat melakukan perjalanan keliling Jawa.  Si tante benar-benar tidak pernah pindah tempat duduk, selalu di sisi yang sama.  Apakah tidak bosan?  Haha…  Namun yang saya lihat, dalam kehidupannya pun dia tergolong orang yang persisten, sehingga saya lihat dia cukup survive di bidangnya.

Yang juga persisten adalah teman saya yang songong.  Dari kami kecil, di sekolah menengah, sampai sekarang ketika dia sudah menjadi pejabat, tetap saja songong.  Saya sendiri tidak mengetahui dan tidak habis pikir apa manfaatnya persisten dalam hal ke songongan.

Teman-teman saya yang persisten juga adalah 2 orang sahabat yang berjualan lewat Instagram.  Mereka tidak pernah menaruh foto lain selain barang dagangannya, bahkan yang satu, hanya memberikan “like” pada foto yang terkait dengan barang dagangannya.  Benar-benar persisten.  Ketika saya bertanya, apakah ada hasilnya, mereka bercerita, bahwa sudah ada beberapa pembeli dari akunnya.

Belajar dari orang-orang sekitar yang bersikap persisten, saya berpikir bahwa saya harus dapat mengikuti jejak mereka, saya harus persisten.  Saya memang tergolong gampang bosan, namun di saat seperti ini saya berniat untuk persisten.  Saya harus terus berusaha sampai membuahkan hasil, seperti kakak saya.  Selain karena saya ingin sekali segera keluar dari permasalahan saya, saya juga harus memberi contoh kepada anak-anak saya bahwa saya adalah orang yang persisten, tidak gampang menyerah.  Walaupun jujur saja, saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan untuk keluar dari permasalahan saya, namun saya tetap berusaha di tengah semua keterbatasan saya dan yang pasti tetap persisten dalam berusaha. Mudah-mudahan membuahkan hasil. Please help me God…

Persistent people begin their success where others end in failure – Edward Eggleston

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembolan

Frankly Speaking

On your mark, get set...