Gembolan

By Mirma Fadjarwati Malik

Gembol, menggembol: membawa barang dalam saku (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Memang susah cari arti kata gembolan, tapi dari definisi gambol di atas, kebayang lah apa arti gembolan.  Tapi, gembolan banyak dipakai di kalangan cewe untuk mendefinisikan barang bawaannya, bukan yang di dalam saku lho….

Saya selalu bawa tas besar, yang isinya penuh barang, sampai pacar saya, juga beberapa teman bilang, kantong Doraemon, hehe.  Lucunya, setiap saya cari barang, pasti sulit ditemukan.  Saya jadi teringat seorang ibu pejabat bilang ke saya, perempuan selalu bawa banyak barang di dalam tasnya, lengkap sekali isinya, semua ada, kecuali barang yang dia butuhkan.  Hahaha, benar juga….

Rupanya, sudah banyak yang memperhatikan gembolan saya ini, dan komplen tentunya haha…

Pacar saya termasuk orang yang sering memperhatikan, katanya, heran ya lihat cewek-cewek, selalu bawa 2 tas kemana-mana.  Dengan bangga saya bilang, saya ga, saya hanya bawa satu tas.  Dia pun menjawab, ya emang satu tas, tapi gembolan kamu itu gede banget.  Hahaha….

Teman sekantor saya juga sebel bener sama tas saya.  Suatu saat, tidak sengaja dia menendang tas saya, dan kena tepat di tulang keringnya.  Yang ada, tulang keringnya benjol, haha.  Dia pun protes keras, bawa apa sih di dalam tas itu?

Sudah banyak juga teman perempuan yang protes dengan beratnya tas saya.  Beberapa dari mereka biasanya komen ketika saya titipkan tas, atau ketika sedang memindahkan tas saya.  Gila, berat bener, ga sakit bahu apa bawa-bawa tas seberat ini?

Yah, mau gimana lagi?  Printilan saya memang banyak.  Apalagi sejak saya nomaden, kerja di beberapa tempat, sehingga ga punya kantor menetap.  Semua barang yang biasanya saya tinggal di kantor dan hanya dibawa bila diperlukan, misalnya buku tabungan, terpaksa saya bawa kemana-mana, karena takut diperlukan sewaktu-waktu.

Akhirnya, boss saya ga tahan, dia belikan saya tas yang lebih kecil dan bilang, pokoknya harus muat.  Saya pun nurut, ya namanya boss, minimal kalo bepergian dengan dia, saya harus pakai tas itu.  Ketika memindahkan barang-barang, memang benar, ada barang yang akhirnya tidak bisa saya bawa.  Saya pun akhirnya menentukan prioritas, mana yang bisa saya tinggal, walaupun dalam hati terus merasa waswas.

Benar saja, ketika ternyata saya berkesempatan mampir di mal, saya ingat akan membeli barang dan kebetulan ada di sana.  Saya baru sadar, ternyata dompet kartu diskon, member, dll saya itu termasuk barang yang saya tinggal karena tidak muat di tas baru ini.  Wah, saya pun menyesal selama beberapa saat, karena saya merasa tidak dapat tambahan poin. 

Tapi, saya jadi malu, karena boss memandang saya dengan aneh, ketika saya hampir tidak jadi berbelanja hanya karena alasan tidak bawa kartu member.  Mungkin dia pikir, ih, ga penting banget deh.  Hahaha…

Anyway, saya punya alasan tersendiri kenapa saya selalu membawa tas besar, karena saya single fighter dan rumah saya jauh, saya jadi terbiasa bawa apapun, perlengkapan atau printilan.Jadi semuanya lengkap di tas, sehingga saya bisa mandiri, ga merepotkan orang lain, ga tergantung orang lain.  Bahkan, teman-teman sering mengandalkan, pinjam charger dong, pinjam powerbank dong, pinjam ini itu dong.  Nah kan!

Ayo, siapa yang mau komen gembolan saya?

Komentar

  1. Lucu banget ceritanya. Bisa jadi bahan stand up commedy. Saya benar2 terhibur. Thanks ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mas. Boleh aja kok dijadikan bahan stand up commedy, nanti saya diinfo ya kalo pas tampil :)

      Makasih juga sudah mampir ya mas

      Hapus
  2. beneran gembolan nich.....:) seru cerita nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampe sekarang saya masih bawa gembolan kemana-mana ahahaha

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Frankly Speaking

On your mark, get set...