Rebranding



Rebranding: a marketing strategy in which a new name, term, symbol, design, or combination thereof is created for an established brand with the intention of developing a new, differentiated identity in the minds of consumers, investors, competitors, and other stakeholders.

Ketika berbincang dengan salah seorang klien dan menawarkan pelatihan terkait writing skill, sang klien bilang, iya sekarang banyak orang yang mau merubah citra, rebranding, mau dibilang multi talented.

Saya terdiam, benar juga, banyak orang yang ingin ganti profesi, jadi ingin meninggalkan citra (brand) nya yang lama menjadi profesi lain sehingga ingin mencitrakan dirinya berbeda dari yang dulu.  Namun, saya sendiri punya alasan lain untuk rebranding.  Ya, saya sebenarnya ingin tetap mempertahankan branding saya, namun apa daya, dunia maya mencatat brand saya yang lain, yang sangat buruk, yang sangat merugikan bagi saya dan masa depan saya serta anak-anak dan keluarga besar saya.  Jadi, saya bukannya mau nampang bahwa saya multi talented, wong saya ingin mengembalikan brand saya yang lama, tapi karena mbah Google selalu mencatat informasi kita di dunia maya, mau tidak mau saya jadi rebranding tapi kea rah yang buruk, huhuhu.

Jadi, pantasnya saya bilang apa ya?  Bukan rebranding lah yaw, karena kalau dilihat definisinya kan memang menggunakan nama baru atau citra baru.  Saya kan ingin mengembalikan atau mempertahankan citra saya yang lama.

Anyway, seperti teman saya bilang, ga perlu panik, yang penting, secara konsisten membuat penampilan dengan citra yang lama.  Penampilan di sini maksudnya adalah segala informasi tentang saya harus diperbanyak informasi yang baik.  Kalau soal penampilan, saya memang punya pendapat sendiri, saya ingin kelihatan ceria, ga seperti orang susah, karena saya ingin menunjukkan pada dunia bahwa walaupun kasus saya berat, tapi saya santai aja, que sera sera aja, cie…..

Padahal, jujur, jauh di lubuk hati yang paling dalam, saya selalu ketakutan, khawatir, pokoknya layaklah dapat predikat orang susah. Hihihi….

Baiklah, saya memang bertekad untuk menampilkan citra yang positif kepada dunia, silakan nantikan so called rebranding saya……

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembolan

Frankly Speaking

On your mark, get set...