Mata Duitan

By Mirma Fadjarwati Malik


Pagi itu saya bertegur sapa dengan mantan big boss saya.  Namun pertegursapaan terputus karena tugas-tugas yang menanti saya.  Saya sempat membatin, kali aja big boss ngirimin saya uang 10 jeti.  Di tengah jalan saya melihat seseorang yang saya dengar lagi amat sangat BU.  Nah, kalo boss transfer segitu saya mau kasih orang itu ah.  Begitu batin saya, ibarat nazar lah.

Ketika jam istirahat saya pun membuka lagi chat WA saya dengan sang boss.  Benar saja, ada capture bukti transfer m-banking.  Dengan antusias saya buka, yessss, transferan 5 jeti.  Gapapa lah ga 10 jeti, yang penting dapet transferan.  Saya pun sujud syukur atas rezeki yang saya peroleh.

Selesai sujud syukur dengan sumringah saya pandangi bukti transfer itu.  Lho kok 0 nya berkurang 1?  Lah, cuma 500 ribu toh.  Saya pun bersungut-sungut sambil berkata dalam hati, mana udah sujud syukur lagi.

Astaghfirullah, saya kok gitu banget ya.  Kan tetap harus bersyukur dengan jumlah itu.  Saya pun mohon ampun pada Tuhan.

Tapi saya pun jadi geli sendiri dalam hati.  Kok bisa ya saya liatnya 0 nya nambah. Hahaha.

Sore harinya, masuk chat dari teman lama saya menanyakan nomer rekening saya.  Katanya mau nyicil hutangnya dulu. Tak lama dia mengirimkan capture bukti transfer, saya ga terlalu pusing dan mengucapkan terima kasih.  Paling-paling 1 juta, pikir saya.  Tapi begitu saya perhatikan, terutama perhatikan jumlah 0 nya, ternyata dia transfer 10 juta.  Wah, kali ini saya dengan tulus ikhlas melakukan sujud syukur lagi.

Saya pun sempat galau.  Apakah saya harus menunaikan nazar saya? Rencana saya untuk berbagi dengan orang yang tadi saya lihat di jalan? Kan saya niatnya kalo uangnya dari si boss, bukan dari temen.  Lagian, si orang itu kan belum tau niat saya.

Namun kemudian saya sadar, Allah sedang menguji saya, menguji niat saya.  Bukankah secara total hari itu saya mendapat transfer 10,5 juta? Lebih besar dari yang saya harapkan?  Jadi kenapa saya malah ga jadi berbagi? Ya Allah, ampuni saya yang mendadak jadi kikir begini.  Duh..

Beberapa hari kemudian, saya menerima beberapa pesan WA sehingga saya hanya melihatnya sepintas.  Lho kok ada angka 3 M?  Wah, apa saya mau dapat rejeki nomplok nih batin saya.  Segera saya buka chat WA yang ada 3 M nya itu. Eh ternyata, teman saya hanya mengingatkan saya agar selalu melakukan 3 M perilaku disiplin di masa pandemi ini: Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan menghindari kerumunan.  Yaaaah, ternyata bukan masalah uang, apalagi transferan. Hahaha.

Benar-benar mata saya mata duitan. Wkwkwk.

Namun hari ini begitu saya liat capture bukti transfer di chat WA teman saya, saya langsung sujud syukur tanpa peduli jumlahnya.  Karena berapa pun itu, bukankah saya harus bersyukur?

Terima kasih ya Allah atas semua rezeki ini.....


 


Komentar

  1. Bersyukur bersyukur dan bersyukur......, ikhlas ikhlas ikhlas......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaaaaap....
      Selalu bersyukur, selalu ikhlas....

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembolan

Frankly Speaking

On your mark, get set...