People Changed



Sering kan denger nasehat orang: people changed.  Itu biasanya untuk membesarkan hati kita kalau merasa teman kita berubah.  Tapi, kalo terus semua orang berubah, kita doang yang ga berubah, apakah ada yang salah?  Qiqiqi.  Iya lah, mungkin kita yang salah, dunia terus berubah, ayo introspeksi…..

Juga ada kata-kata bijak yang bilang: Stand up for what is right, even if you stand alone.  Mungkin benar, apalagi kalau itu sudah menyangkut keyakinan hidup, namun kadang-kadang orang juga memakainya untuk hal-hal kecil yang sebenarnya terus berubah sejalan dengan waktu. Kita ga bisa keukeuh untuk hal-hal yang mungkin sudah old fashioned dan malah kontraproduktif just for the sake of old memories. Misalnya, tetap ngotot ga mau pake ponsel. Ada lho, hihihi.

Ada juga orang-orang yang bersahabat dari kecil dan ketika sahabatnya itu berubah, karena mungkin status sosialnya sekarang berbeda, atau pasangannya juga ga suka sahabat-sahabat lamanya sehingga dia tidak bisa terus menerus main dengan kita atau dia mulai ga nyaman dengan kita, trus kita jadi mellow, sedih karena sahabat kita itu berubah.  Plis deh, ga usah baper, kita kan ga pernah tau apa yang sudah dialaminya sepanjang hidupnya.  Jadi kalau orang berubah, atau malahan mayoritas atau malahan semuanya berubah, jangan mellow, introspeksilah.

Anyway, saya baru saja mengalaminya. Tadinya saya yakin seyakinnya bahwa saya akan diberi saham oleh boss saya, namun karena status saya yang tidak memungkinkan, saya diminta menunjuk proxy, orang yang saya beri kuasa untuk bertindak atas nama saya. Saya pun menunjuk orang yang saya percaya, sehingga saya tidak pernah pusing-pusing bikin perjanjian tertulis. Ternyata, begitu terjadi perubahan, dimana saya tidak bisa lagi berada di dalam perusahaan itu, saya pun menanyakan hak saya. Dan yang terjadi? Semua balik badan. Semua kompak bilang, saya salah paham, tidak pernah ada deal seperti itu, bla bla bla. Nangis? Ga ada gunanya. See, everybody changed, jadi saya lah yang salah, saya lah yang aneh sendiri. Huhuhu....

Baiklah, face it! Kalau semua orang berubah, introspeksi lah. Artinya kesalahan ada pada dirimu sendiri. Ambil hikmahnya saja, learn something!

I don't think people change. I think they definitely mature – Ricky Williams

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembolan

Frankly Speaking

On your mark, get set...