Bunga tidur

Nenek saya dari pihak ayah, sering bermimpi diberikan selendang biru dan pink secara bergantian, selalu yang biru dulu.  Beliau bermimpi sebelum melahirkan anaknya yang kelima.  Ternyata, anaknya kembar, laki-laki dan perempuan, dan yang laki-laki memang yang lahir lebih dulu.

Nenek saya dari pihak ibu, pernah bermimpi bayinya diambil wanita suku lain, tapi beliau pasrahkan.  Ketika melahirkan ibu saya, nenek sempat berpikir, ini dia anak yang akan diambil dan mungkin umurnya pendek atau cepat meninggal. Apalagi pada saat akan melahirkan, nenek terkena penyakit gula, sehingga nenek diminta untuk memilih apakah bayinya akan digugurkan atau tetap dibiarkan lahir walaupun bisa mengancam nyawanya. Nenek bertahan karena tiba-tiba terlintas di pikirannya bahwa apabila dirinya dan bayinya selamat, mungkin inilah anak yang akan mengurusnya di hari tua. Ternyata terbukti bahwa ibu memang diambil sebagai menantu oleh nenek pihak ayah dari suku lain sebagaimana dalam mimpi beliau.

Mimpi yang berkesan bagi ibu adalah ibu rambutnya berkutu banyak sekali.  Waktu itu, ibu masih duduk di kelas 1 SMP.  Ibu sampai ketakutan ketika terbangun, namun untunglah, itu hanya bunga tidur.  Nenek kemudian menanyakan apa kira-kira arti mimpi ibu kepada seorang sahabatnya.  Menurut sahabatnya, ibu bakal terkenal, paling sedikit di Indonesia, tapi ibu harus kuat mental karena ibu masih kecil, karena selain banyak yang kagum namun akan banyak juga yang membenci karena iri.  Pada waktu itu ibu sama sekali belum melakukan apa-apa, namun di kemudian hari, ibu memang cukup terkenal karena berprestasi mengharumkan nama bangsa.

Terkait mimpi, saya jadi ingat ketika saya kost pada saat kuliah.  Bibi di tempat kost sering menganak tirikan saya, ga tau kenapa.  Namun, suatu hari, si bibi mendatangi kamar saya dan mendadak berubah baik sekali, dia bilang, dia mimpi didatangi salah seorang pemimpin bangsa dan dinasihati agar berlaku baik pada saya.  Hahaha….

Saya sendiri jarang mengingat-ingat mimpi saya.  Saya hanya ingat pernah bermimpi tentang anak laki-laki kecil, ketika saya belum dikaruniai anak. Memang, ternyata anak dalam mimpi saya sangat mirip dengan anak kedua saya.  Walaupun mimpinya sudah sangat lama, namun wajah anak dalam mimpi itu tetap lekat di pikiran saya. Begitu pula saat sudah dikaruniai 2 anak laki-laki, saya bermimpi punya anak laki-laki ketiga dan keempat.  Namun, saya tidak pernah berusaha mencari arti mimpi saya, saya hanya membatin, banyak anak banyak rejeki, jadi mungkin saya akan dapat rejeki.  Amin.  Begitu pula, baru-baru ini saya mimpi dikejar-kejar orang, katanya, saya akan lari dari masalah.  Saya pikir, saya memang ingin sekali lari dari masalah saya yang berat saat ini.  Namun, di sisi lain, ada yang menafsirkan, mimpi dikejar orang artinya mau mendapatkan rezeki.  Saya menyimpulkan sendiri, mungkin artinya, saya bisa lari dari masalah saya dan mendapatkan rezeki.  Hahaha.

Mimpi saya yang sangat berkesan kebanyakan terkait dengan ayah.  Ketika ayah meninggal ataupun mimpi didatangi ayah.  Biasanya, mimpi didatangi ayah membawa petunjuk bagi saya.  Namun, di saat saya kebingungan seperti saat ini, saya malah tidak bermimpi, sehingga tidak dapat petunjuk apa pun.

Yah, mimpi memang hanya bunga tidur, namun kadang, melalui mimpi kita bisa dapat petunjuk. Yang saya perlukan saat ini, di saat masalah berat menimpa saya, adalah tidur nyenyak.  Saya hanya ingin bisa tidur nyenyak tanpa khawatir akan masalah saya….

Sleep is the best meditation – Dalai Lama

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembolan

Frankly Speaking

On your mark, get set...