Lip service


Lip service” definitions:
· verbal expression of agreement or allegiance, unsupported by real conviction or action;
· insincere support or respect expressed but not put into practice;
· insincere profession of friendship, admiration, support, etc.; service by words only.

Ya, banyak orang yang senang bicara yang baik-baik saja, namun lain di mulut, lain di hati.  Banyak orang yang menjanjikan kita hal-hal yang baik, ibaratnya PHP, sebenarnya semua tergantung niatnya…..

Sementara, saya merasa saya orang yang sangat memegang teguh apa yang saya katakan, istilah kerennya: integritas. Walk the talk.  Jadi, apa yang saya katakan, pasti akan saya lakukan.  Tidak sekedar lip service.  Tidak sekedar menyenangkan hati orang.

Namun, apa daya, ketika saya terpuruk dan saya minta bantuan, ternyata, orang-orang sekitar saya berbeda tata nilainya.  Mereka justru yang penting: lip service.

Ada teman saya yang menulis panjang lebar di buku kesan dan pesan untuk saya, namun ketika saya minta tolong malah balik badan dan minta perlindungan hukum.  Ada teman yang bilang, akan kontak saya melalui bbm an, jadi tidak ada perpisahan.  Namun, yang ada, tidak pernah ada bbm darinya, bahkan lebih sering saya yang kontak duluan.  Bahkan janji untuk bertemu pun diabaikan.

Betapa banyak teman saya yang saat ini hanya sekedar lip service.  Bersembunyi di balik alasan: tidak tega melihat saya.  Sebaliknya, mereka telah memperlakukan saya dengan tega….

Ada teman yang bilang bahwa mereka akan bahu membahu membantu saya, bahkan tidak sungkan untuk merogoh kocek pribadi untuk membantu saya.  Yang ada, orang-orang lain yang tidak berkoar-koar, malah membantu saya.  Kesimpulannya, teman-teman saya yang bilang akan membantu, mereka hanya lip service.

Sebaliknya, seorang petinggi perusahaan besar di negeri ini, yang saya pikir akan bersikap “lip service” karena kesibukannya, justru kebalikannya.  Beliau memanggil saya dan bilang akan membantu saya dalam memberikan pekerjaan.  Beliau memanggil pada hari Kamis, pada hari Senin berikutnya saya sudah mendapatkan offering letter dan keesokan harinya, yaitu pada hari Selasa, saya sudah diterima bekerja.  Bayangkan, hanya dalam hitungan hari, beliau sudah bisa membantu saya.  Benar-benar walk the talk….

Saya jadi membandingkan diri saya sendiri, apakah benar saya tidak suka lip service?  Saya tidak bisa menjawab, biarlah orang lain yang menilai….

The road to perdition has ever been accompanied by lip services to an ideal - Albert Einstein.

For my (used to be) friends:

Be daring, be different, be impractical, be anything that will assert integrity of purpose and imaginative vision against the play-it-safers, the creatures of the commonplace, the slaves of the ordinary -  Cecil Beaton

Have the courage to say no.  Have the courage to face the truth.  Do the right thing because it is right.  These are the magic keys to living your life with integrity - W. Clement Stone

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembolan

Frankly Speaking

On your mark, get set...