Networking



Networking :  the exchange of information or services among individuals, groups, or institutions; specifically :  the cultivation of productive relationships for employment or business ; the establishment or use of a computer network.  

Tiba-tiba teman lama saya curhat: kalau saya mau pensiun dini,  kira-kira saya ngapain ya?  Kamu kan tau kompetensi saya apa, kira-kira pekerjaan apa yang cocok buat saya?

Saya manggut-manggut, saya baru mengerti kenapa teman lama saya ingin sekali ketemu saya, rupanya ada yang sedang mengganggu pikirannya, sehingga ingin chit chat dengan saya.

Saya pun menjawab dengan sok tau: sebenarnya yang penting tuh bukan kompetensi, tapi networking.  Hari gini, kita bisa hire orang yang kompeten ga harus kita sendiri, tapi yang penting, bagaimana marketingnya, nah, itu memanfaatkan networking mu.  Mumpung kamu belum resign, coba aja perkuat networkingmu.  Untuk orang-orang seperti kita, hard competency sudah ga terlalu laku dijual, kita harus jual soft competency kita.  Pengalaman saya sih, yang paling penting network.

Teman saya pun mengangguk-angguk setuju, karena memang networkingnya sangat luas dan bagus, secara dia bekerja di bank terbesar di negara ini, kebayang kan nasabahnya pasti kelas kakap lah.  Nah, dia harus menjalin hubungan baik, hubungan pribadi dan kekeluargaan dengan para nasabahnya, sehingga nantinya dapat dia manfaatkan ketika dia akan berhenti bekerja dan memulai bisnisnya sendiri.

Saya pun jadi berkaca pada diri sendiri.  Benar, pengalaman saya justru memang harus kuat di networking, bukan di hard competency saya.  Sejak saya berhenti bekerja, semua pekerjaan yang saya lakukan benar-benar hal baru.  Namun, sebagaimana nasihat saya kepada teman saya, untuk mengerjakannya, saya tinggal cari orang yang kompeten.  Saya hanya sampai tahap mendapatkan pekerjaan itu dengan mengandalkan network yang saya punya.  Saya hanya perlu mempelajari secara garis besar, apa yang saya jual, sehingga bisa menawarkan kepada para kenalan saya, networking saya.  Bahkan, apa yang saya jual, kemudian malah yang dibeli yang lain, dan saya terpaksa pontang-panting cari orang yang kompeten untuk melaksanakannya.  Dan justru pengalaman-pengalaman ini yang menambah wawasan saya, dan tentunya menambah network baru.

Jadi, memang networking inilah yang ternyata menyelamatkan saya ketika saya terjatuh dan tersungkur.  Artinya, kita memang perlu menjalin hubungan, networking, yang kita siapkan jauh-jauh hari, supaya ketika kita butuhkan, menjadi jaring penyelamat kita.  Dan, teruslah menambah jejaring, menambah pertemanan, sehingga network kita semakin luas.


The richest people in the world look for and networks, everyone else looks for work - Robert Kiyosaki
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembolan

Frankly Speaking

On your mark, get set...