LDR

Long Distance Relationship: a romantic relationship between two people who live far apart and so are unable to meet on a frequent basis.

Karena keadaan, saya terpaksa menjalani LDR dengan anak-anak saya.  Kenapa saya mengkategorikannya sebagai LDR padahal definisinya “romantic relationship” ya karna saya memang hubungannya romantis sama anak-anak saya.  Ahaha.....

Pastinya hubungan ini ga mudah.   Karena jarak akan membuat banyak hal yang ga bisa dilakukan.  Misalnya makan bersama, nonton bareng bahkan sekedar ngobrol sambil ngeteh atau makan snack bareng juga ga bisa setiap saat.

Anyway, sudah hampir 3 tahun saya menjalaninya.  2 tahun pertama masih mendingan karna setiap wiken masih bisa ketemu dan makan bareng.  Tapi begitu pandemi, pertemuan wiken ini pun bubar jalan.  Jadilah kami mengandalkan saluran komunikasi, chat atau telpon setiap hari.  Masing-masing punya jadwal telepon tertentu.

Nah jadilah sering timbul masalah miskomunikasi.  Yang namanya bahasa chat, kan suka beda penerimaannya.  Sedangkan telponan sering jelek sinyalnya jadi penangkapannya suka kepotong-potong yang malah bikin baper, bikin tersinggung.  Nah, dengan kondisi seperti ini saya akhirnya harus banyak mengalah, terutama terhadap Adik.  Kalo Kakak, karena sudah lebih dewasa, lebih gampang komunikasinya, lagipula Kakak orangnya cuek, jadi justru saya yang sering baper dibuatnya.  Masak Kakak pernah chat, hari ini ga usah telpon ya bu karna aku ada urusan.  Nah, ketika Kakak chat seperti itu, saya baru saja dimatikan telponnya sama Adik.  Langsung baper lah saya.  Saya bilang ke Kakak, baiklah anak-anakku sudah ga butuh ibunya lagi.  Kakak pun bingung.  Hahaha susah juga punya ibu baperan ya.....

Kembali ke Adik, dia selalu minta ditelpon tapi kemudian kalo ada hal-hal yang ga berkenan dia suka langsung menutup telponnya, walaupun biasanya ga lama kemudian ada chat minta maaf dan bertanya, apa boleh telpon lagi bu?  Uh, meleleh hati saya dibuatnya.

Di samping dengan anak-anak, saya juga LDR sama ibu saya.  Untungnya kalau dengan ibu hampir tidak ada masalah.  Mungkin karena sama-sama berposisi sebagai ibu, kita berdua ga pernah baperan.  Jadilah rutinitas saya setiap pagi menelpon ibu sambil bicara bermacam topik.  Kadang bisa sampai berlama-lama.  Rupanya ibu senang bisa berbincang-bincang dengan saya yang pengangguran ini, karna saya punya banyak waktu luang.  Ya iya lah bu, kakak-kakak saya kan orang sibuk, mana bisa mereka seperti saya.  Hehe...

Anyway, terlepas komunikasi tetap bisa intens, saya berharap LDR saya dengan keluarga, juga teman-teman saya saat ini, bisa segera berakhir.  Karna walaupun saya di sini di tengah keramaian, saya tetap merasa lebih nyaman bersama keluarga dan teman-teman saya, di tempat saya dulu, where I belong......


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembolan

Frankly Speaking

On your mark, get set...