Passion


Passion: a strong feeling of enthusiasm or excitement for something or about doing something

Waktu boss bilang, bekerja itu harus dengan passion, saya masih belum ngerti.  Saya cari-cari apa artinya, oooo, saya bisa mengerti sekarang.

Sebenarnya, saya merasa, saya bekerja dengan passion.  Karena motto saya dalam bekerja: Choose a job you love, and you will never have to work a day in your life!

Nah, karena saya bekerja dengan passion, saya selalu merasa, pekerjaan saya memang pilihan saya, sehingga saya tidak merasakan itu jadi beban.

Kalau kata beberapa kolega saya, saya memang selalu bekerja dengan passion.  Benarkah?

Dulu saya memang bekerja dengan passion.  Karena dulu, itu satu-satunya pekerjaan saya dan setelah belasan tahun, saya menjadi sangat mencintai perusahaan itu, sehingga apapun tugas yang saya emban, saya melakukannya dengan passion.  Saya juga kerap menganjurkan teman-teman saya bekerja dengan hati, bekerja dengan passion.

Ketika saya diberhentikan dan saya harus survive, saya mempunyai beberapa pekerjaan part time.  Nah disinilah saya bisa merasakan, mana yang saya kerjakan dengan passion dan mana yang tidak.  Namun, karena saya butuh, ya sudah, saya harus tetap mempertahankan semua pekerjaan ini, walaupun setengah hati. 

Saya jadi memperhatikan orang-orang yang saya nilai bekerja dengan passion.  Salah satunya adalah teman baik saya yang bekerja di bidang kreatifitas.  Begitu banyak ide kreatifnya, begitu banyak talentanya, begitu bersemangat, impulsif dengan ide-idenya dan seperti tidak pernah kehabisan energi.  Jujur, saya saja melihat dia, rasanya ngos-ngosan.  Hehehe….

Saya juga melihat teman saya yang tukang bunga itu.  Dia mempelajari tentang jenis-jenis bunga, kadang menentukan jenis dan warna bunga apa yang harus dirangkai oleh tukang bunganya.  Malahan apabila banyak pesanan, dia rela begadang hanya untuk memastikan rangkaian bunganya bagus.  Saya lihat, dia bekerja dengan passion.

Nah, saya jadi membandingkan dengan diri saya sendiri.  Ternyata saya bisa memilah, ketika saya memang menyukai pekerjaan saya, saya akan bekerja dengan passion, namun begitu saya kurang menyukai, sepertinya saya bekerja as it is, biasa-biasa saja. Hanya karena butuh pekerjaan dan uang saja.  Hahaha.

Saya berharap, dengan berjalannya waktu, pekerjaan saya yang saya kerjakan dengan passion bisa cukup untuk menunjang hidup saya, sehingga saya bisa mulai meninggalkan pekerjaan-pekerjaan yang tidak saya sukai, karena saya tidak mau hasil pekerjaan saya biasa-biasa saja, saya tidak mau makan gaji buta, saya harus punya kinerja yang baik. Nah, untuk punya kinerja yang baik, saya harus punya passion….

Follow your passion, be prepared to work hard and sacrifice, and, above all, don’t let anyone limit your dreams – Donovan Bailey

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembolan

Frankly Speaking

On your mark, get set...