Vanish


Vanish: to disappear entirely without a clear explanation; to go away, especially furtively or mysteriously; to stop existing.

Beberapa kali dalam hidup saya, saya merasakan kehilangan yang begitu mendadak.  TIba-tiba saja orang yang tadinya begitu dekat dengan saya menghilang, ya tiba-tiba menghilang.  Tanpa pesan, just vanished….

Pacar saya awalnya selalu bilang sibuk, ga punya waktu untuk bertemu, tadinya masih kontak, lama-lama menghilang.  Vanished….

Begitu juga mantan suami saya, begitu ketok palu hakim perceraian, pindah kota, malah pindah negara bagian dan hilang kontak.  Vanished….

Begitu juga dengan “teman” atau orang yang saya sangka teman dulu, begitu saya tidak menjabat lagi, loss contact and vanish, menghilang tanpa pesan dan kesan.

Saya suka berpikir, harusnya mereka juga merasakan hal yang sama ya dengan saya.  Walaupun mereka yang memutuskan kontak, saya suka bertanya-tanya, apakah mereka juga merasakan saya menghilang?  Atau mereka justru tidak menyadarinya?  Mungkin ya, mereka tidak menyadarinya, karena mungkin mereka tidak merasa kehilangan, karena mereka memang ingin meninggalkan saya, ingin menghilang dari saya.

Saat ini, di tengah keputus asaan saya, saya tiba-tiba saja ingin menghilang, stop existing, vanish…

Saya merasa, tidak ada yang membutuhkan saya lagi, tidak ada yang peduli lagi dan tidak akan ada yang merasa kehilangan.  Jangan-jangan, malah tidak ada yang menyadari bahwa saya hilang…..

Untungnya, hari ini saya mendapat pencerahan.  Di tengah keputus asaan, seorang teman menyampaikan hal yang menggerakkan hati saya.  Dia bilang, dia butuh saya untuk membantunya. 

Hal ini membuat saya menyadari, ternyata memang tugas saya untuk menghilang dari lingkungan saya yang dulu, karena dengan saya menghilang, akan memberi kesempatan kepada teman-teman yang lain untuk  berkembang, berkreasi, berinovasi, menjalankan roda perusahaan, menjadi pimpinan, dan hal-hal lain yang tadinya saya lakukan.  Kemudian, saya akan memasuki lingkungan yang baru dan memulai perjalanan baru, bertemu orang-orang baru dan mulai menerapkan dan berbagi ilmu dan pengetahuan saya lagi dan kemudian pergi.

Terima kasih teman, dirimu telah menyadarkan saya bahwa stop eksis dari suatu lingkungan, tidak berarti kita menghilang dari semuanya, karena kita bisa mulai eksis di lingkungan yang baru.

Leader should lead as far as they can and then vanish.  They ashes should not choke the fire they have lit – H. G. Wells

When the student is ready, the teacher will appear.  When the student is truly ready….The teacher will disappear – Lao Tzu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembolan

Frankly Speaking

On your mark, get set...