Happy Birthday Dad!


Saya ingat, setiap ayah berulang tahun, kami pasti merayakannya.  Karena ayah memang senang kumpul-kumpul, apalagi kalau makan-makan.  Jadi, sejak kecil, kami sudah terbiasa merayakan ulang tahun anggota keluarga kami.  Juga, kami terbiasa menyiapkan kado ulang tahun jauh-jauh hari sebelumnya.

Beberapa pengalaman manis selalu terkenang terkait ulang tahun ini, terutama ketika ayah masih ada.

Menariknya, setelah ayah tiada, setiap tanggal ulang tahunnya, ada saja kejadian yang menimpa saya, yang membuat saya jadi terkenang pada ayah.  Sebaliknya, ketika ayah berpulang, justru saat itu ayah sedang merencanakan untuk makan-makan merayakan ulang tahun 3 anggota keluarga kami, yaitu kakak dan 2 orang keponakan.  Namun, apa daya, Tuhan berencana lain, kami tidak sempat makan-makan, karena ayah berpulang, tepat 1 hari sebelum jadwal kami makan-makan.

Yang paling saya ingat, beberapa tahun setelah kepergiannya, tepat di hari ulang tahunnya, saya mendapatkan musibah yang cukup berat terkait masalah tanah milik ayah.  Namun, semuanya bisa saya lalui dengan baik. Di situ saya baru merasa, bahwa ada makna penting di balik peristiwa itu, bahwa ayah mengajarkan saya untuk menjadi kuat.

Bertahun-tahun berikutnya, memang tidak ada kejadian penting yang menimpa saya pada saat tanggal ulang tahun ayah, namun setiap tanggal itu, saya selalu terkenang ayah, terkenang bagaimana ayah begitu mengurusi kami, begitu peduli.  Setiap tanggal itu, saya jadi merasa, coba sekarang ada ayah, semuanya akan baik-baik saja.

Karena, ayah adalah seorang pribadi yang unik, tapi sangat bertanggung jawab dan mempunyai komitmen yang kuat, terutama kepada kami, anak-anaknya.  Hal ini lah yang ingin saya tiru dan saya ingin sekali dapat berbuat sesuatu untuk selalu dapat mengenang ayah, selalu mendoakannya.

Pagi ini saya bertemu dengan salah seorang guru di sekolah adik, mereka merencanakan mengirimkan hewan qurban ke desa-desa di sekitar tanah ayah dulu.  Sang guru berkata bahwa telah melakukan survey dan bertemu dengan pengurus masjid di sana.  Saya sangat bersyukur, karena memang warga sekitar tanah ayah sangat membutuhkannya.  Sejak peternakan ayah ditutup, warga sekitar yang merupakan karyawan ayah, tidak punya pekerjaan, tidak punya penghasilan tetap lagi.  Dengan demikian, setiap ada kesempatan, kami selalu berusaha untuk mencari bantuan untuk mereka.  Syukurlah, setiap tahun, ada saja bantuan yang datang.

Dan saya kembali melihat tanggal hari ini, betul saja, hari ini adalah tanggal ulang tahun ayah.  See, Dad, you always give me something good on your birthday...

Happy Birhday Dad, I miss you…..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembolan

Frankly Speaking

On your mark, get set...