By Design


By design: as a result of a plan; intentionally

Teman saya bercerita, pada saat saya diangkat jadi pimpinan, salah seorang bawahan saya, yang sepertinya tadinya sangat berharap bahwa dirinya yang diangkat, bilang: biarin aja dia sekarang jadi pimpinan, sebentar lagi kan dia kejeblos.  Teman saya bilang, musuhmu sudah merancangnya jauh-jauh hari, jadi kasusmu ini by design.  Masak sih?  Saya tidak percaya, karena kasus yang menimpa saya ini sepertinya bukan by design.  Karena, kalau saya hitung-hitung, melihat perjalanan waktu, kasus yang menimpa saya saat ini adalah setelah saya menjabat, bukan kasus lama sebelum saya menjabat.  Saya ga ngerti juga, apa mungkin by design, kalau toh salah seorang anggota kelompok musuh saya juga kemudian ikut terjerumus.  Memang membingungkan….

Sekarang, setiap nonton televisi, ada saja tokoh yang diwawancara mengatakan: by design.   Hehehe….

Memang, kalau bicara by design, banyak sekali contoh di sekeliling kita yang benar-benar by design.  Semua kegaduhan yang terjadi saat ini adalah by design, segala sesuatunya sudah direncanakan, segala sesuatunya disengaja.  Bagaimana kehebohan atau isu saling timbul dan tenggelam, bagaimana ada pengalihan isu sehingga isu yang lebih besar bisa tersamarkan oleh isu-isu lain yang sebenarnya tidak penting.  Jelas terlihat semuanya by design, kalau kata orang-orang yang mengerti sih, permainan intelijen.  Saya sih ga ngerti-ngerti amat, cukup tau aja.

Di sisi lain, by design ini juga bisa untuk hal-hal yang baik, hal-hal positif. Ada yang bilang, para pemimpin hebat di dunia itu sudah dipersiapkan jauh-jauh hari, sudah dipilih jauh-jauh hari dan mulai dipersiapkan jauh-jauh hari.  By design pokoknya.  Walaupun saya pikir, pasti juga garis tangan ya,  kalau ga, mau dipersiapkan seperti apapun, dia tidak akan jadi pemimpin.  Kalau memang di garis tangannya tidak ada, ya tidak akan jadi pemimpin, walaupun sudah dipersiapkan dengan matang dan secara kasat mata orang pun melihat dia memang pantas jadi pemimpin, tetap saja, belum tentu jadi pemimpin sesuai yang diharapkan.

At the end of the day, saya pun berpikir, bukannya hidup sudah diatur?  Artinya,  yah benar juga, semuanya memang by design….

Being a winner is never an accident; winning comes about by design, determination and positive action – Bob Proctor

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembolan

Frankly Speaking

On your mark, get set...