Delegasi
Delegasi: orang (orang) yang ditunjuk dan diutus oleh suatu perkumpulan (negara dsb) dalam suatu perundingan (musyawarah dsb); perutusan; penyerahan atau pelimpahan wewenang; pelimpahan wewenang
Sungguh sulit untuk mempercayakan suatu pekerjaan yang biasa
kita lakukan kepada orang lain.
Kenapa? Karena ekspektasi kita
kadang berlebihan, kita merasa semua orang punya talenta, kapabilitas,
kemampuan yang sama dengan kita.
Sehingga, banyak orang yang kecewa, ketika pekerjaannya dilakukan oleh
orang lain, hasilnya tidak sama dengan saat pekerjaan itu kita kerjakan
sendiri. Namun, semakin tinggi jabatan
kita, sebaiknya kita mulai dapat mendelegasikan pekerjaan yang tidak strategis,
kepada orang lain. Karena, peran kita
sudah lebih strategis, hanya sebatas memberikan pengarahan dan pengawasan saja.
Nah, beberapa hari terakhir ini, teman saya sering berkeluh
kesah masalah delegasi ini. Dia
mengeluh, tidak bisa mendelegasikan beberapa pekerjaan kepada anak buahnya,
karena hasilnya tidak sesuai dengan keinginannya. Dia juga mengeluh, klien hanya mau ditangani
oleh dirinya. Rasanya ingin mengerjakan
semuanya sendiri….
Saya pun berdebat dengannya, saya bilang, itulah konsekuensi
dari semakin besarnya organisasi yang kamu bangun. Kamu tidak bisa menangani semuanya sendiri,
just let them do it. Hal ini juga
merupakan pembelajaran bagi para anak buah, agar punya jam terbang, sehingga
lama kelamaan bisa seperti yang kau inginkan.
Begitu juga dengan klien, apabila kita yakinkan bahwa anak buah juga
sama pelayanannya dan kita tetap bertanggung jawab, tentu akhirnya klien bisa
mengerti. Beri anak buah kepercayaan,
sehingga bisa berkembang. Karena salah
satu bentuk kesuksesan adalah ketika kita berhasil melakukan kaderisasi.
Saya sendiri termasuk orang yang senang mengerjakan segala
sesuatunya sendirian. Namun dengan
semakin naiknya jabatan saya, saya harus bisa merelakan beberapa tugas
pekerjaan saya dikerjakan orang lain.
Awalnya memang mangkel, karena hasilnya sering tidak sesuai yang saya
harapkan, sementara, saya tetap bertanggung jawab akan hasilnya, sehingga mau
tidak mau harus turun tangan untuk memastikan semuanya telah sesuai. Namun di situlah tantangannya, bagaimana kita
bisa mengarahkan orang lain agar mengerjakannya sesuai dengan yang kita
inginkan. Jadi, memang sulit di awalnya,
namun selanjutnya semuanya akan berjalan dengan baik. Dan kita dapat mengulang kembali
langkah-langkah itu di pekerjaan lainnya.
Percayalah ….
You can delegate
authority, but you cannot delegate responsibility - Byron Dorgan
Komentar
Posting Komentar