Delegasi


Delegasi: orang (orang) yang ditunjuk dan diutus oleh suatu perkumpulan (negara dsb) dalam suatu perundingan (musyawarah dsb); perutusan; penyerahan atau pelimpahan wewenang; pelimpahan wewenang

Sungguh sulit untuk mempercayakan suatu pekerjaan yang biasa kita lakukan kepada orang lain.  Kenapa?  Karena ekspektasi kita kadang berlebihan, kita merasa semua orang punya talenta, kapabilitas, kemampuan yang sama dengan kita.  Sehingga, banyak orang yang kecewa, ketika pekerjaannya dilakukan oleh orang lain, hasilnya tidak sama dengan saat pekerjaan itu kita kerjakan sendiri.  Namun, semakin tinggi jabatan kita, sebaiknya kita mulai dapat mendelegasikan pekerjaan yang tidak strategis, kepada orang lain.  Karena, peran kita sudah lebih strategis, hanya sebatas memberikan pengarahan dan pengawasan saja.

Nah, beberapa hari terakhir ini, teman saya sering berkeluh kesah masalah delegasi ini.  Dia mengeluh, tidak bisa mendelegasikan beberapa pekerjaan kepada anak buahnya, karena hasilnya tidak sesuai dengan keinginannya.  Dia juga mengeluh, klien hanya mau ditangani oleh dirinya.  Rasanya ingin mengerjakan semuanya sendiri….

Saya pun berdebat dengannya, saya bilang, itulah konsekuensi dari semakin besarnya organisasi yang kamu bangun.  Kamu tidak bisa menangani semuanya sendiri, just let them do it.  Hal ini juga merupakan pembelajaran bagi para anak buah, agar punya jam terbang, sehingga lama kelamaan bisa seperti yang kau inginkan.  Begitu juga dengan klien, apabila kita yakinkan bahwa anak buah juga sama pelayanannya dan kita tetap bertanggung jawab, tentu akhirnya klien bisa mengerti.  Beri anak buah kepercayaan, sehingga bisa berkembang.  Karena salah satu bentuk kesuksesan adalah ketika kita berhasil melakukan kaderisasi.

Saya sendiri termasuk orang yang senang mengerjakan segala sesuatunya sendirian.  Namun dengan semakin naiknya jabatan saya, saya harus bisa merelakan beberapa tugas pekerjaan saya dikerjakan orang lain.  Awalnya memang mangkel, karena hasilnya sering tidak sesuai yang saya harapkan, sementara, saya tetap bertanggung jawab akan hasilnya, sehingga mau tidak mau harus turun tangan untuk memastikan semuanya telah sesuai.  Namun di situlah tantangannya, bagaimana kita bisa mengarahkan orang lain agar mengerjakannya sesuai dengan yang kita inginkan.  Jadi, memang sulit di awalnya, namun selanjutnya semuanya akan berjalan dengan baik.   Dan kita dapat mengulang kembali langkah-langkah itu di pekerjaan lainnya.  Percayalah ….

You can delegate authority, but you cannot delegate responsibility - Byron Dorgan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembolan

Frankly Speaking

On your mark, get set...