New Kid on the Block


Semua orang pasti pernah mengalami jadi New Kid on the Block, jadi anak baru…

Ketika kita masuk ke lingkungan baru, otomatis kita jadi anak baru.  Mulai dari masuk sekolah, mulai bekerja, pindah kerja, menikah, pindah rumah, banyak sekali kejadian yang membuat kita jadi anak baru.  Sebagai anak baru, wajar dan manusiawi kalau kita kadang-kadang merasa khawatir, ga pede ketika menjalani hari pertama.

Saya cukup beruntung karena jadi anak ketiga dengan beda umur hanya setahun dengan para kakak.  Jadi, setiap masuk sekolah, mulai dari TK sampai SMA, saya tidak pernah punya kekhawatiran.  Karena saya selalu bersekolah di tempat yang sama dengan kakak-kakak saya.  Jadi, saya ga sendirian banget, minimal sudah punya 2 teman, ya kedua kakak saya itu.  Malahan, ada kecenderungan kita selalu ke sekolah yang sama dengan mayoritas teman-teman kita, dari TK ke SD yang sama dan seterusnya sampai jenjang SMA.  Jadi, saya tidak pernah merasakan jadi anak baru hingga ketika masuk perguruan tinggi.

Di perguruan tinggi ini lah saya baru merasa jadi anak baru, karena saya pindah kota.  Jadi, sudah sekolahnya baru, berbeda dengan kakak-kakak, kotanya pun baru buat saya.  Benar-benar nekat, hehehe.

Pengalaman berikutnya adalah ketika pindah kerja.  Waktu pertama kali bekerja, saya tidak terlalu merasa jadi anak baru, karena sudah ada 2 orang teman saya yang bekerja di situ, sehingga sudah dapat kisi-kisinya tentang perusahaan itu.

Sebenarnya, yang paling bikin saya khawatir ketika jadi anak baru di perusahaan baru, adalah tentang makan siang, hehehe.  Saya suka berpikir, hari pertama saya pasti belum tau dimana bisa makan siang, dengan siapa, dll.  Jadi, saya selalu bawa bekal makan siang di hari pertama bekerja.  Selalu begitu, setiap pindah kerja, saya membawa bekal makan siang dari rumah, sehingga saya tidak perlu dipusingkan oleh urusan makan siang ini.  Namun, biasanya urusan ketakutan makan siang ini hanya sehari saja, pada hari pertama masuk kantor baru.  Biasanya, hari kedua saya sudah tau seluk beluknya, bahkan sudah dapat teman makan siang.  Tinggal cari wajah yang paling bersahabat di antara teman sekantor lainnya, pasti mereka dengan senang hati berteman dengan anak baru dan memberi masukan, informasi-informasi, gossip, dll seputar perusahaan.

Nah, perasaan ini lah yang menghantui saya ketika saya diberhentikan dari perusahaan yang sudah begitu lama saya berbakti, sampai rasanya sudah seperti rumah kedua.  Begitu saya mulai bekerja di perusahaan baru, jadi anak baru lagi, saya sudah bertekad untuk mencari tempat makan sendiri, makanya tidak bawa bekal makanan dari rumah.  Untungnya hari itu makan siang disiapkan, karena ada rapat, jadi saya aman.  Seperti biasa, hari-hari berikutnya saya sudah bisa mingle.

Dan hari ini, ketika mendapatkan surat bahwa kontrak saya berakhir, hal itulah yang terlintas dalam pikiran saya, yaaah, jadi anak baru lagi deh…..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembolan

Frankly Speaking

On your mark, get set...