Nyeleneh


Nyeleneh: menyeleneh, asal-asalan.

Ketika saya diangkat jadi pimpinan, salah seorang follower saya di Twitter bilang; “semoga tetap nge twit yang nyeleneh.”  Saya baru tau, bahwa selama itu saya sering nyeleneh.  Haha….

Pertama kali saya mendengar kata nyeleneh adalah ketika pacar saya mengomentari teman sekelas kami, dia bilang, si itu tuh orangnya nyeleneh.  Saya tidak mengerti artinya, dan pacar bilang, ya begitulah, orangnya suka-suka dia aja.  Saya pun mencari arti kata nyeleneh di Kamus Besar Bahasa Indonesia, namun tidak menemukannya.  Akhirnya mendapatkan artinya di kamus slank.

Saya suka memperhatikan orang-orang yang nyeleneh.  Teman kuliah saya banyak yang nyeleneh, namun biasanya mereka ini ternyata orang-orang yang pandai.  Terbukti salah satu bisa menjadi dosen, yang pastinya telah lulus pasca sarjana bahkan mungkin doktoral.  Ada juga yang menjadi pengusaha sukses, padahal dulu pada saat kuliah, dia bahkan berhari-hari tidak kuliah karena menganyam bungkus rokoknya untuk dijadikan tas sebagai hadiah ulang tahun saya.  So sweet….

Kalau nyeleneh saat sekolah atau kuliah, mungkin tidak aneh, karena memang banyak mahasiswa yang nyeleneh.  Namun, di kantor pun saya mendapatkan teman yang nyeleneh.  Dan sekali lagi, ternyata dia memang pandai.  Sungguh sulit menerapkan aturan pada dirinya, karena dia sangat pandai menjawab saya.  Akhirnya saya sering ngambek supaya dia mau menurut pada saya, yang kebetulan mengemban tugas sebagai personalia saat itu.

Apabila saya pikir-pikir, memang teman-teman yang nyeleneh ini biasanya pandai-pandai, jadi karyawan yang nyeleneh ini sebenarnya bisa jadi aset perusahaan.  Banyak karyawan nyeleneh yang akhirnya terpaksa saya minta untuk mengundurkan diri, karena saya khawatir mereka akan menularkannya pada yang lain, juga jadi contoh kurang baik bagi karyawan lainnya, apalagi bila mereka datang dan pulang kantor seenak jidatnya.

Orang-orang nyeleneh ini juga biasanya banyak ide dan kreatif, makanya sering disebut-sebut bahwa banyak bisnis yang berhasil yang berasal dari ide-ide nyeleneh, yang tentunya merupakan buah pikiran orang-orang yang nyeleneh.

Saya sendiri bukan tipe orang yang nyeleneh, makanya, heran juga, ada follower yang bilang begitu.  Namun, mungkin dalam beberapa perbincangan, saya memang suka nyeleneh, walaupun saya tidak menyadarinya.  Saya berharap, dengan perkataan dan cuitan saya yang kadang nyeleneh, tidak ada pihak-pihak yang jadi sakit hati. Maaf ya….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembolan

Frankly Speaking

On your mark, get set...