Role Model


Role model: a person whose behavior in a particular role is imitated by others; someone who another person admires and tries to be like.

Tanpa disadari, dalam menjalani hidup, kita pasti mencontoh perilaku seseorang, ya, kita pasti punya orang yang, kita sadari atau tidak, menjadi role model bagi kita.   Ketika kita kecil, biasanya orang tua kita yang jadi role model, atau orang-orang terdekat lainnya, seperti kakak, paman, bibi, dll.

Seorang teman bercerita tentang anak lelakinya yang sedang stress, dan ketika dibawa ke psikolog, psikolog bilang salah satu kuncinya ada di bapaknya.  Bapaknya kurang bisa membimbing anak lelakinya, karena bapaknya tidak punya role model.  Ya, kebetulan sang bapak kehilangan ayahnya pada saat berumur 10 tahun dan kemudian dibesarkan oleh ibunya seorang diri.  Makanya, sang bapak tidak bisa menyontoh bagaimana menjadi bapak yang baik.

Saya jadi ingat, boss saya dulu di kantor selalu bilang pada kami, bahwa kami harus bisa jadi pemimpin, jadi role model, tanpa harus menyandang jabatan apa pun.  Karena, menurut boss, yang penting kita bisa menginspirasi orang lain, menggerakkan orang lain untuk mengerjakan hal-hal baik.  Namun, menurut saya, ada jabatan yang memang mau tidak mau harus menjadi role model, yaitu pimpinan di unit kerja yang mengurusi sumber daya manusia.  Maka, teman saya yang kebetulan kepala di bagian itu berkali-kali diingatkan oleh mantan boss nya untuk terus menerus “behave”, karena dia harus bisa jadi role model, jadi panutan di perusahaan.

Saya sendiri jadi berpikir, selain orang tua saya, siapakah role model saya?  Ternyata saya sangat mudah terinspirasi.  Saya bahkan pernah terinspirasi oleh bawahan saya.  Dia mampu menggerakkan saya melakukan hal-hal yang tadinya tidak pernah saya lakukan.

Di sisi lain, saya juga jadi berpikir, apakah saya jadi role model?  Yang pasti, anak-anak saya mengidolakan saya, itu saya sangat yakin, hehe.  Di luar anak-anak, dulu saya jadi role model di antara adik sepupu saya dan keponakan saya.  Saya tidak tahu, apakah di sekolah dulu saya jadi role model, begitu juga ketika saya memasuki dunia pekerjaan.

Yang pasti, saya ingin sekali bisa menginspirasi orang lain dan mudah-mudahan saya punya kesempatan jadi role model dimana pun saya berada ….

Make yourself your role model, because people who do not have qualities depend on the qualities of others to shape their own qualities.― Michael Bassey Johnson

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembolan

Frankly Speaking

On your mark, get set...