Simple Things


The most simple things can bring the most happiness – Izabella Scorupco

Hal-hal sederhana kadang kita abaikan.  Hal-hal sederhana kadang membuat kita terharu.  Hal-hal sederhana kadang membuat kita berkesan….

Seorang pacar saya mengajarkan saya hal sangat sederhana, bagaimana membuka botol minuman pet.  Saya sungguh terkesan.  Karena selama bertahun-tahun, saya selalu minta tolong orang lain untuk membuka botol.  Ternyata begitu mudah dan saya jadi bisa melakukannya sendiri, dan kemudian malah mengajarkannya kepada anak-anak. 

Ketika saya sedang makan kacang rebus, anak saya yang kecil ikut nimbrung dan bercerita bahwa dia diajarkan oleh temannya bagaimana membuka kulit kacangnya.  Saya tertegun, ya, sebagai ibu, saya kadang lupa mengajari hal-hal sederhana kepada anak saya.  Saya sangat terharu, betapa temannya telah mengajarkan anak saya sesuatu yang sederhana namun saya lupakan.

Saya jadi berpikir, hal-hal apa saja ya, yang luput saya ajarkan?  Apakah saya yang mengajarkan cara menggunakan sumpit?  Yang pasti, untuk table manner saya berusaha mengajarkan anak-anak saya selengkap mungkin.

Saya juga jadi flashback, hal-hal apa yang diajarkan oleh orang tua saya dan hal-hal apa yang saya pelajari sendiri, melalui kakak, pacar, teman atau orang lainnya.  Saya jadi ingat, pacar satunya  termasuk yang rajin dan telaten mengajarkan banyak hal sederhana pada saya.  Kebetulan saya lihat memang kelas  sosial dia berada di atas kelas sosial saya, sehingga dia banyak mengajarkan saya agar saya tidak gegar budaya.  Hehehe.  Terima kasih telah membuat saya bisa menempatkan diri di manapun saya berada, terutama ketika saya memang akhirnya harus masuk ke kelas sosial yang lebih tinggi.  Juga, saya bisa mengajarkan anak-anak saya supaya tidak gegar budaya. 

Hal-hal sederhana lainnya yang saya ajarkan kepada anak-anak saya adalah bagaimana menghargai uang, bagaimana berbicara dengan sopan santun, dan juga bagaimana menikmati alam, seperti menikmati hujan, memandangi pelangi, memandangi bulan purnama, menyusuri pantai, menghirup udara segar di pegunungan, dll.  Dari hal-hal sederhana itu, saya berharap anak-anak saya dapat mensyukuri kehidupannya dan mengambil hikmah dari apapun yang terjadi.  Sekecil apapun, sesederhana apapun ciptaanNya, pasti ada manfaatnya.

Ya, hal-hal sederhana sering kita lupakan atau abaikan, padahal hal-hal sederhana itu yang sering membuat kita lebih sensitif, lebih peduli dan dapat belajar banyak hal, belajar hal-hal yang lebih rumit.  Bahkan, kadang-kadang, hal-hal sederhana inilah yang dapat membuat seseorang sukses di bidangnya, karena orang lainnya lebih memilih mengerjakan hal-hal lain.  Sebagaimana pepatah mengatakan: Only those who have patience to do simple things perfectly ever acquire the skill to do difficult things easily – James J. Cobertt.

Everyone can do simple things to make a difference, and every little bit really does count – Stella McCartney

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembolan

Frankly Speaking

On your mark, get set...