Bosku adalah inspirasiku

By Rahma Juwita Zamri
Mungkin itu slogan yang pas untuk Ibu yang satu ini. Beliau adalah atasan, sahabat bahkan seperti seorang kakak buatku.
Pertama kali kenal sama beliau tuh pas lagi nyiapin tender, dikenalin sama mz kabag. Oh ya, mz kabag tuh atasan langsung aq sampai sekarang, beliau adalah manager prodev. Kesan pertama pas ketemu sama beliau tuh, orangnya supel banget, ramah banget plus cuek bngt. Sama kita-kita ngomongnya "loe gw".
Ibu itu care banget sama bawahannya. Bayangin aja, pas waktu nyiapin tender untuk proyek besar, beliau rela dibangunin tengah malam untuk dengerin materi presentasi teknis buat besok. Klo direktur yang lain udah ngamuk-ngamuk kali, dibangunin tengah malam, hehehehehe........ Tapi beliau beda, beliau rela bangun plus nahan ngantuk dengerin materi presentasi buat besok. Tapi dalam hatinya mungkin dongkol juga kali ya, qta bangunin tengah malam. Hehehehe.
Oh ya, kenapa aq bilang bosku adalah inspirasiku, salah satunya adalah inspirasi model baju yang selalu beliau kenakan. Aq seneng banget dengan model-model yang beliau kenakan. Menurutku model baju yang dikenakan beliau bagus-bagus, tapi beliau sendiri suka gak pede sama penampilannya sendiri. Sering banget nanya, "gw cocok gak ya pake baju ini?" Padahal cocok banget sama beliau. Pernah suatu hari aq pinjem salah satu model bajunya ibu. Ceritanya sich mau niru modelnya, tapi jadinya malah hancur sama tukang jahit aq. Sedih bngt, coz bahannya khusus beliau beliin untuk aq. Tapi sepertinya model bajunya memang didesain khusus untuk beliau. Jadi gak bisa dicontek mirip. Padahal seminggu aq pinjem bajunya. Tapi hasilnya mengecewakan, padahal udah mau ngeliatin ke ibu. Akhirnya gak jadi. Sebel banget.
Oh ya, beliau tuh orangnya royal banget, dulu beliau sering banget jadi sinterklas, suka banget bagi-bagi amplop. Sampai sekarang pun, walaupun beliau belum ada pemasukan yang tetap, masih aja suka banget kasih sesuatu sama kita-kita. Beliau juga merupakan salah satu pelanggan tetap coklat aq. Klo udah pesen coklat, gak nanggung-nanggung, bisa sampe 30 toples.
Saya pribadi seneng banget ada direktur yang ideal seperti beliau. Beliau tuh care banget. Inget banget pas develop proyek jangka panjang, beliau sampe turun tangan sendri, nyariin tenaga ahli, bantuin nyari literatur. Klo direktur lain, belum tentu mau mengerjakan hal kayak gitu. Waktu mau develop kegiatan lainnya yang mirip, semua literatur yang aq kirim ke Ibu ternyata dibaca lho, padahal banyak bener literaturnya.
Tapi ketika kami mendapatkan sosok direktur yang ideal, Allah punya rencana lain. Beliau sepertinya mau naik kelas sehingga harus mendapatkan ujian yang hingga hari ini masih beliau jalani. Hal yang paling menyakitkan bagi aq pribadi adalah ketika beliau diperlakukan dengan tidak adil. Beliau diberhentikan dari jabatannya, sedangkan orang-orang yang seharusnya juga bertanggung jawab malah mengisi posisi beliau. Saat itu aq merasa Allah gak adil bngt. Knapa harus beliau yang jadi korban?
Pas beres-beres ruangannya, beliau bagi-bagi sesuatu untuk kami yang mengunjungi beliau di ruangannya. Untukku beliau memberikan beberapa buku. Aq disuruh bebas milih buku apa aja yang aq suka. Suatu berkah dapat ilmu. Gak keliatan di raut muka beliau ada kesedihan ataupun kekecewaan karena diperlakukan dengan tidak adil, masih aja becanda dan ada gelak tawa kepada tamu-tamu yang mengunjungi beliau. Melihat Ibu seperti itu, aq pun menguatkan diri untuk tidak meneteskan air mata di depan beliau. Tp pas beliau meluk aq sambil ngucapin terima kasih sudah membantu selama ini, gak kuat juga nahan air mata, akhirnya netesin air mata juga.
Kami pun mengadakan farewell party untuk beliau. Saat itu sekali lagi beliau menunjukkan ketegarannya. Waktu acara tersebut, beliau malah foto-foto, have fun dan enjoy dengan farewell yang kami adakan. Aq salut banget, klo aq yang di posisi beliau sepertinya gak akan sanggup menghadiri acara tersebut.
Oh ya, Ibu itu orang yang komitmen banget sama ucapannya. Pas develop proyek besar dulu itu, beliau pernah bilang klo nanti qta kunjungan ke Singapur. Padahal beliau ngomong itu udah lama banget. Aq aja udah lupa. Eh pas perpisahan di ruangan beliau, gak nyangka banget Beliau kasih amplop sambil ngomong "Maaf ya, dirimu gak jadi pergi ke Singapur, tapi ini ada pengganti dirimu ke Singapur, tapi karena dirimu udah pernah ke Singapur, boleh koq dipakai untuk jalan-jalan kemana aja". Aq kaget banget plus terharu banget, speechless banget. Aq kan cuma bawahannya, level juga masih staf, tapi Beliau inget banget sama janjinya, walaupun cuma sama bawahannya dan udah lama banget juga. Salut banget sama Beliau. Akhirnya uang tersebut aq gunakan untuk jalan-jalan ke daerah Garut. Karena pesennya Beliau untuk jalan-jalan. Tapi foto-fotonya belum sempet aq tunjukkan, padahal pesennya Beliau, jangan lupa foto-fotonya.
Setelah farewell, kami jarang bertemu. Pertemuan pertama dengan Ibu di coffee shop di sebuah gedung perkantoran. Pertama kali ketemu Ibu, Beliau terlihat lebih kurus dari sebelumnya, tapi tetap tegar. Selanjutnya kami sering ketemu dan lagi-lagi beliau menginspirasiku. Gimana nggak? bayangin aja, dalam keadaan spt itu, beliau masih sempet-sempetnya mengembangkan bisnis, mulai dari MLM, bisnis bunga, bikin novel sampai jualan barang. Keren banget dech. Pernah aq bertanya, "Bu, Ibu pernah nangis gak sich Bu? Koq bisa sich Bu? Setegar Ini?". Mau tau jawaban Beliau? Satu kalimat yang hingga saat ini masih menginspirasiku, "Gw juga maunya jadi orang biasa aja, tapi gw slalu yakin klo hidup ini udah ada yang ngatur, so qta tinggal menjalaninya aja, dan saya yakin, Allah itu Adil".
Banyak hal yang menjadi inspirasi saya dari pengalaman-pengalaman hidup yang Beliau ceritakan termasuk kehidupan pribadi Beliau. Hal tersebut menginspirasi saya untuk berani mutusin hubungan dengan seseorang yang slalu bilang klo anak laki-laki itu milik Ibunya sampai umur 50 tahun. Karena Beliau pernah bilang, "dulu gw slalu beranggapan gw kan nikah sama anaknya bukan sama Ibunya, ternyata orang Indonesia gak bisa bgtu". Beliau bilang klo seorang Ibu itu kan sudah given, sedangkan qta gk bisa membuat situasi orang tersebut harus memilih diantara qta atau Ibunya. Hal tersebut bener-bener menginspirasiku.
Oh ya, beliau pernah ngomong gini “Gw pengen dech, jadi penulis buku, kayak temen Gw, kerja bisa di rumah, pemasukan juga lumayan.”, gak tau dech Beliau masih ingat apa gak, pernah punya impian untuk jadi penulis.
Jadi gak salah klo aq bilang Bosku adalah Inspirasiku. Aq gak bisa bantu apa-apa dengan masalah yang Ibu hadapi saat ini, tapi doa dan support, Insya Allah akan slalu aq berikan semampu yang aq bisa. Saya slalu berharap klo Beliau akan mendapatkan keadilan pada akhirnya nanti. Tetap tegar ya Bu. Smoga kisah Ibu bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang. Bahwa ketika qta mendapat masalah bukan berarti hidup qta juga berakhir. Hidup sudah ada yang mengatur dan Allah itu adil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembolan

Frankly Speaking

On your mark, get set...