Quotes of the day

Bossku senang meng quote kalimat-kalimat dari orang terkenal yang menurutnya bisa diambil pelajaran.  Boss juga senang mengambil kata-kata mutiara, biasanya nanti si boss akan menyelipkannya dalam pidatonya.  Beberapa yang ku ingat memang sangat keren, menginspirasiku untuk menuliskannya.

Boss paling senang kata-kata: leadership is about action, is not about position.  Aku setuju, karena boss memang menerapkan itu.  Boss ku benar-benar memulai karirnya dari bawah, dan dari dulu pun walaupun tidak punya jabatan selalu didengar oleh sekelilingnya, sehingga menunjukkan sifat leadershipnya, walaupun posisinya bukan pimpinan.

Pemimpin harus berani seperti lilin, memberikan penerangan bagi orang lain dengan tulus walaupun dirinya meleleh.  Itu salah satu kata mutiara yang disukai bossku.  Boss selalu bilang, bahwa semuanya dia lakukan demi perusahaan, bukan demi keuntungan dirinya sendiri.

A boss creates fear, a leader confidence.  A boss fixes blame, a leader corrects mistakes.  A boss knows, a leader asks questions.  A boss makes work drudgery, a leader makes it interesting.  Hal ini yang membuat bossku tidak mau dipanggil boss, makanya sampai sekarang pun aku memanggilnya mbak.  Dan memang, boss membuat pekerjaan kami menjadi menarik.

Leaders are those individuals who live by empowering beliefs and teach others to tap their full capabilities by shifting beliefs that have been limiting them.  Yang ini saya dengar dari teman-teman yang lain bahwa boss sangat mempercayai anak buahnya, dan selalu meng encourage mereka untuk mengambil keputusan dan boss akan selalu back-up apapun yang dilakukan anak buah.  Boss bisa memarahi anak buahnya kalau melakukan kesalahan, tapi ke Direksi, boss akan berani jadi tameng.

Salah satu cara boss memotivasi bawahannya adalah dengan mengutip kalimat ini: The winner always a part of the solution, the loser is always a part of the problem.  Jadi kami dibiasakan untuk mencari jalan keluar, jangan mencari siapa yang salah, apalagi mencari kambing hitam.  Ga ada di kamus boss kalau mencari kambing hitam.

Menurutku, semakin lama, boss makin bijaksana, dan ketika hal itu aku sampaikan, seperti biasa boss memberiku kalimat mutiara:  The wise are not wise because they make no mistakes.  They are wise because they correct their mistakes as soon as they recognize them.  Ini membuatku terharu, karena saat ini bossku sedang mengalami masalah besar yang menurutku sangat berat.  Tapi sebenarnya, aku tahu sekali, boss sudah me “recognize” masalahnya apa dan berusaha mengkoreksinya, tapi apa daya, boss terjebak dalam pusaran dan sulit untuk keluar.  Aku ingat salah seorang temanku bilang, boss ga pernah salah dalam mengambil keputusan, boss dapat masalah besar ini atas keputusan yang diambil orang lain.  Benar juga, pikirku.

Menjelang akhir-akhir tugasnya sebagai boss ku, boss mengingatkan semuanya untuk menjadi pemimpin di perusahaan dan tetap memegang teguh nilai-nilai perusahaan.  Boss kembali meng quote kata-kata Rhenald Kasali: Pemimpin harus menjadi role model, bekerja dengan values, berbicara tentang values, dan menerapkan values dalam kehidupan sehari-hari.

Boss juga sangat percaya bahwa semua kegagalan (setback) sejatinya adalah sebuah persiapan menuju kebangkitan kembali (combeback).  Artinya boss menganggap masalahnya ini atau kegagalannya dalam melanjutkan kepemimpinannya di perusahaan kami hanyalah suatu setback, suatu persiapan buat dirinya untuk kembali.

Dan dengan tegar boss mengatakan di pidato perpisahannya: Success is the ability to go from one failure to another with no loss of enthusiasm (Winston Churchill).  Boss bilang, kesuksesan diukur dari bagaimana kita menyikapi suatu kegagalan tanpa kehilangan antusiasme atau semangat.  Ya, beberapa waktu kemudian, aku bertemu si mbak boss dan dia tetap semangat.

Aku jadi ingat salah satu quote kesenangan si boss: Our leadership is our legacy. Benar boss, dirimu telah mewariskan kepemimpinan bagiku dan teman-temanku. 

Tetap semangat ya boss….


To my boss, be strong for tomorrow and the days ahead…..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembolan

Frankly Speaking

On your mark, get set...