Que sera sera


Que sera sera
Whatever will be will be
The future’s not ours to see
Que sera sera
What will be, will be

Sebenarnya, que sera sera itu kan sama saja dengan pasrah, yang terjadi, terjadilah.  Tapi pasrah tidak berarti putus asa kan?  Tidak berarti menyerah kan?

Saya sering bilang que sera sera kalau saya sudah bingung banget, sudah mumet banget kepala rasanya.  Tapi, ga tau ya, saya  kok ga bisa ya kalau cuma duduk diam, trus nangis, kayak perempuan lain.  Saya rasanya geregetan banget kalo trus diem aja melihat masalah saya ga selesai, kok enak aja ni masalah, mengganggu hidupku!

Dengan prinsip hidup seperti itu, ternyata saya bisa bertahan, walaupun sering bertanya dalam hati: Saya kok ujian terus ya? Kapan lulusnya?

Jadi ingat, dulu punya temen yang ga puasa di bulan Ramadhan, trus saya tanya, mas koq ga puasa?  Jawabannya bikin kaget: saya sudah puasa bertahun-tahun.  Katanya kan puasa itu ujian.  Artinya saya kan sudah lulus berkali-kali.  Sungguh aneh….

Saya sendiri sudah beberapa kali menyebut que sera sera selama hidupku.  Waktu saya lagi sebel sama boss di kantor, dimana harga diri rasanya diinjak-injak, saya marah sekali, boss menuduh saya terlalu membela almamater saya,  padahal si boss lah yang mengangkat orang-orang alumni sekolahnya menjadi pejabat di kantor tanpa melalui proses fit & proper test sebagaimana SOP di perusahaan.  Tapi saya tidak bisa melawan, karena si boss otoriter banget, jadi saya bilang: que sera sera.

Saya juga pernah punya masalah keluarga yang bikin saya hampir menyerah, namun akhirnya setelah saya bilang: que sera sera, malah segalanya mengalir begitu saja.  Masalahnya akhirnya selesai dengan sendirinya.

Dan saat ini, ga tau kenapa, ketika menghadapi masalah saya yang maha berat ini, sudah 4 kali saya ditanya orang, bagaimana perasaanmu? Saya jawab: que sera sera.  Saya pasrah, karena rasanya semua jalan sudah saya coba, tapi kok semuanya seperti buntu.  Orang-orang yang saya minta bantuan pun, semuanya angkat tangan.  Apakah benar, tidak ada yang bisa menolong saya?

Jauh di lubuk hati saya, saya percaya, Tuhan akan menolong saya.  Artinya, yah, saya jangan tergantung pada orang, minta tolong ya sama Tuhan….

Que sera sera, saya pasrah, tapi bukan berarti saya putus asa atau menyerah kan?

Que sera sera, whatever will be will be…..

Please help me God.....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembolan

Frankly Speaking

On your mark, get set...